Foto @ Kota Wisata Cibubur

Iseng & pengen sekalian reuni dengan teman SMA yang sudah hampir 13 tahun tidak bertemu saya memutuskan memotret mereka. Ya, mereka, karena dia baru saja menikah. Yah dianggap sebagai kado perkawinan saja ya Ryan 🙂

Foto iseng ini dibuat dengan menggunakan Canon EOS 40D + EF 17-40 f4 L @ 17mm. Saya menggunakan f16 & ISO100 selain karena sedang terik-teriknya, juga ingin memaksimalkan depth of field foto ini. Selain itu agar langit dan awannya lebih menonjol saya pasang CPL pada muka depan lensa ini.

Pengolahan menggunakan Adobe Photoshop sudah pasti dilakukan. Selain untuk menambahkan teks (yang bertujuan “mengisi” langit yang kosong & biar lebih romantis), saya juga membuat sedikit efek vignette di kanan-kiri bawah. Selain itu beberapa layer adjustment sederhana, seperti level & saturation, di aplikasikan supaya foto lebih menonjol.

Foto kedua ini menggunakan EF 50mm f1.8 II. Lensa dengan depth of field sempit ini saya “mentokin” ke f1.8 supaya background blur nya masih dapat. Karena sudah terlalu siang maka memang harus dibantu dengan flash. Selain itu touch up yang cukup banyak dilakukan (terutama level & curve) agar background yang over exposure berkurang. Bagian kanan agak kosong, oleh sebab itu saya berikan layer transparan tambahan agar lagi-lagi puisi romantis (bikinan sendiri lho …) bisa dipasang di situ dan menyeimbangkan komposisinya.

Color cast agak biru sengaja dibuat untuk menyeimbangkan warna pilar yang kuning. Sekedar demi kepentingan artistik dan selera pribadi saja. Hal ini dibuat dengan menggunakan curve (di level color channel).

Lokasi? Hanya beberapa menit dari rumah saya, di Kota Wisata Cibubur. Lokasi pertama tidaklah sulit soal perijinannya karena memang lokasinya ‘diluar’ kota wisata. Akan tetapi untuk yang foto kedua lokasinya dekat dengan pos satpam. Jadi memang harus pinter-pinter mengatur perijinan dengan pak satpam yang sedang bertugas, atau kalian bisa di gelandang ke kantor pemasaran. Cukup menyenangkan sesi pagi ini … semoga bisa menjadi ‘hadiah’ bagi Ryan & Jacqueline.

MOTO YUK!!!


8 thoughts on “Foto @ Kota Wisata Cibubur”

  1. Lucky couple…dapat hadiah foto yg keren dan puisi yg romantic.
    Ternyata mas Edo bukan cuma ahli foto aja, juga ahli buat puisi… 4TU.

  2. CPL itu filter. Digunakan untuk mem polarisasi cahaya. Sehingga salah satu efeknya langit lebih biru. Detilnya coba cari post saya yg sebelumnya pakai search 🙂

  3. Keren….jd pingin di foto, pa Edo bersedia ga ya?? foto in saya bukan acara resmi hanya pingin punya foto keren jepretan pa Edo soalnya lbh keren dari foto2 studio gitu heuheu….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *