Food … food … food

Berikut adalah beberapa hasil pemotretan untuk salah satu resto di BotanicSquare, Bogor.

Untuk pemotretan ini saya menggunakan Flash 580EX dan 430EX yang di trigger wireless menggunakan Yong Nuo PT-04. Settingnya adalah sebagai berikut :

Setting kamera yang digunakan adalah Manual Mode, dengan f8 | 1/200 secs | ISO200. Flash & Daylight White Balance digunakan tergantung pada kondisi, akan tetapi kadang di Canon DPP diubah menjadi 5500 Kelvin, tergantung tonal yang dihasilkannya saja.

Sebelum pemotretan saya melakukan metering terhadap ambient light. Dan ternyata untuk mendapatkan ambient light maka speed nya relatif sangat rendah, sekitar 1 detik. Maka saya putuskan untuk menggunakan cahaya buatan / flash secara penuh. Langkah pertama yang saya lakukan adalah mensetting main light terlebih dahulu.

Flash 580EX yang saya tembakkan agak ke atas digunakan sebagai main light. Supaya tidak terlalu keras maka saya gunakan reflektor (warna putih) sebagai diffuser. Dengan dipantulkan maka efeknya akan seperti softbox (yang tidak saya miliki). Agak repot sih memang memegang reflektor, karena jarak dan sudut reflektor terhadap flash mempengaruhi hasil akhirnya. Tapi masih memadahi.

Setelah main light sudah disetting dengan power 1/4 yang mencukupi untuk menerangi obyek maka langkah selanjutnya adalah mengisi sisi lain dengan flash tambahan agar bayangannya tidak terlalu keras. Untuk ini saya gunakan 430EX yang cahaya nya saya lembutkan menggunakan Gary Fong. Akan tetapi karena penurunan power dengan Gary Fong cukup banyak, maka powernya sama dengan main light, yaitu 1/4.

MOTO YUK!!!




16 thoughts on “Food … food … food”

  1. Kegagalan adalah karena digunakan objek makanan yang mengkilap Croissant dilapis gula sehingga membentuk lapisan bening yang mengkilap. Ada tips untuk pemotretan seperti ini?

  2. PT-04, apakah bisa mentrigger 2 flash light tolong kasi saran karena saya mau rencan abeli flas triger buat canon 5D mkII saya dan saya punya 2 flash light 580ex II .makasi sarannya!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *