Focal Length

Sebagai tambahan tutorial klub yang sebelumnya aku tulis dulu mengenai focal length. Focal length menyatakan jarak antara lensa dan film (sensor pada DSLR) pada saat lensa di fokus pada jarak tak terhingga / infinity.

1

Focal length berbeda – beda, tergantung dari lensa yang kita gunakan. Tapi umumnya dibagi menjadi 5 jenis :

  1. Super-wide : setara dengan <24mm
  2. Wide : setara dengan 24-50mm
  3. Normal : setara dengan 50mm
  4. Tele : setara dengan 50-200mm
  5. Super-Tele : setara dengan >200mm

Mengapa ada kata “setara dengan” nanti akan saya jelaskan. Tapi pada intinya dengan semakin tele maka jarak yang bisa dijangkau oleh lensa menjadi makin jauh. Dengan demikian obyek akan makin terasa besar / detil. Umumnya lensa tele memiliki efek kompresi, dimana efek 3D akan makin tidak berasa. Sedangkan lensa wide memiliki efek distorsi dimana garis lurus akan terasa melengkung.

Wide - Normal - Tele
Wide - Normal - Tele

Foto-foto berikut saya ambil dari salah satu artikel di internet yang membahas mengenai focal length.

28 - 50 - 85 - 135 - 210mm
28 - 50 - 85 - 135 - 210mm

Dapat kita lihat perbedaan penggunaan focal length dan efeknya terhadap foto yang kita ambil. Pada lensa wide dan tele terlihat obyek yang menjadi perhatian menjadi berbeda ukurannya. Terlihat lebih besar di foto dengan menggunakan lensa tele.

Kesetaraan Focal Length (Crop Factor)

Karena ukuran sensor yang berbeda maka lensa yang sama ukuran focal length nya menghasilkan pembesaran yang berbeda pada kamera yang berbeda. Hal ini dikarenakan adanya efek crop factor yang terjadi. Makin kecil ukuran sensor maka makin besar crop factor yang ada. Crop factor ini menjadi faktor pengali bagi focal length.

Misalnya lensa dengan focal length 100mm dan 160mm akan menghasilkan gambar yang sama apabila lensa 100mm dipasangkan di Canon EOS 1000d (crop factor 1.6x) dan lensa 160mm dipasangkan di Canon 5D (crop factor 1x). Oleh sebab itu perhatikan crop factor dari kamera yang anda miliki. Sebagai rule of thumb adalah sebagai berikut :

  • Canon SLR (film) : 1x
  • Canon DSLR EOS 1000d, 350d, 400d, 450d, 500d, 10d, 20d, 30d, 40d, 50d dan 7d : 1.6x
  • Canon DSLR EOS 1D, 1D Mark II N, 1D Mark III : 1.3x
  • Canon DSLR EOS 5D, 5D Mark II, 1Ds, 1Ds Mark II, 1Ds Mark III : 1x
  • Canon Powershot G9 (dan nampaknya sebagian besar compact camera lainnya) : 4.55x

Detil lebih lanjut dari crop factor bisa rekan-rekan peroleh di internet. Salah satunya di Digital Review.

Kegunaan Focal Length

Kita menggunakan focal length berdasarkan kebutuhan komposisi kita tentunya. Tapi secara umum lensa wide memang lebih banyak digunakan oleh landscaper, sedangkan lensa normal / tele lebih banyak digunakan oleh still life / model / human interest photography. Sedangkan lensa super-tele biasa digunakan untuk wildlife photography.

Tapi tentunya ini tidak menutup kemungkinan penggunaan yang berbeda. Misalnya saya seringkali memotret landscape menggunakan lensa tele karena ingin ada efek kompresi atau ingin menonjolkan obyek tertentu yang jaraknya cukup jauh. Saya juga sekali dua kali menggunakan lensa wide untuk memotret model, karena ingin menunjukkan hubungan antara model dengan background alam / arsitektur yang ada di belakangnya.

Jadi pemilihan focal length tentunya sangat tergantung pada obyek yang kita akan foto dan komposisi yang akan kita pilih. Selamat memotret!

MOTO YUK!!!

7 thoughts on “Focal Length”

  1. ok bangt c ….!!! btw, bisa di perjelas tidak,contoh:efeknya pada gambar apa!! misalkan f=6.7-67mm. tolong jelaskan dong!!
    MAKLUM DESO…BARU BELAJAR.

  2. Hallo Achmad, efeknya terlihat di gambar diatas (sepeda). Dimana kalau pakai lensa setara 28mm sepeda terlihat sangat kecil, sedangkan pada 210mm terlihat sangat dekat, bahkan terpotong.

    Kalau di focal length 6.7mm itu biasa ada di camera pocket. Harus disetarakan dulu dengan mengalikannya dengan crop factor. Biasanya sih kamera pocket start dari 28mm. Jadi efeknya kurang lebih sama seperti di contoh gambar sepeda.

    Focal length bahasa gampangnya di kamera pocket = zoom (wide / tele)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *