Flash?

Ada yang sudah mulai menggunakan flash secara lebih “kreatif”?

Saya baru mulai mencoba beberapa trik yang diberikan pada websites Strobist. Pada web ini kita bisa belajar banyak hal mengenai bagaimana kita bisa menggunakan flash secara kreatif. Langkah pertama adalah membiarkan flash kita tidak menyatu dengan kamera kita. Bagaimana caranya? Intinya ada 2 cara : menggunakan flash sebagai trigger buat flash lain, atau membeli flash trigger.

Saya memilih cara kedua karena kebetulan tidak punya flash yang bisa mentrigger flash lain. Saya beli flash trigger buatan China. Cukup murah dan reliable. Walaupun demikian saya menyarankan untuk merekatkan hot shoe pada receiver menggunakan super glue. Hal ini karena mur kecil yang ada tidaklah cukup kuat. Flash trigger murah meriah ini biasa dikenal dengan “PT-04”. Trigger ini bisa dibeli di JPCKemang atau Bursa FN.

Salah satu hasilnya adalah:

Pada contoh Coca Cola saya menggunakan 2 buah flash yang di trigger menggunakan PT-04. Satu flash di kiri kamera dan satu lagi di kanan kamera. Sudutnya sekitar 45 derajat. Kedua flash ini saya hadapkan pada stereoform /gabus warna putih. Hal ini supaya cahaya dari flash memantul dan menjadi lebih menyebar dan lembut. Settingnya sendiri melalui proses coba-coba.

Sedangkan pada foto mobil agak lebih kompleks sedikit. Sudutnya tidak lagi sama persis antara kedua flash, demikian pula dengan setting powernya (pada semua contoh setting flash adalah manual, bukan TTL). Hal ini supaya mobilnya memiliki dimensi (biasanya ditunjukkan dengan ada area yang terang, dan ada area yang sedikit lebih gelap). Selain itu untuk memberikan kesan lebih hangat maka dipilih warna kuning. Warna kuning ini diperoleh dengan memasangkan gel pada flash. Gel ini seperti plastik mika berwarna. Kebetulan yang saya gunakan adalah jenis CTO (Color Temperature Orange) agar warm. Gel seperti ini bisa dibeli di ebay.

Apabila tertarik tahu lebih detil mengenai teknik nya dan kurang paham dari info sepintas diatas silahkan baca Strobist atau hubungi saya. Enjoy the creative lighting !!!

5 thoughts on “Flash?”

  1. min ada artikel tentang memakai flash eksternal buat foto ga sih?supaya di dapat hasil yang bagus, misalnya tips2 bouncing, mengatur kekuatan flash dll..saya pakai canon 580 ex n canon 60d..trims buat jawabannya..via email spy bs lsg saya lihat..trims!

Leave a Reply MY-ers ...