Fish Eye tanpa Lensa Fish Eye

Digital imaging? Bukan … Apa bisa? Ya, dengan keterbatasan tertentu & kreatifitas. Bukan ide baru sebenarnya, tetapi tiba-tiba saja terlintas di pikiran saya waktu mengunjungi Wat Hua Lamphong di Bangkok Thailand. Wat / tempat berdoa agama Budha ini ukurannya tidaklah besar, tapi tidak pula kecil. Detilnya tetap memukau, tetapi rasanya sudah banyak sekali yang mengambil detil dari Wat di mana-mana di Bangkok / Thailand. Saya pun demikian. Jadi agak bosan ambil detil.

Kebetulan saat mau pulang langit sangat cerah dan biru langit menjadi lebih dominan. Saya melihat pantulannya di pegangan tangga yang ada. Karena bentuk pegangan tangga ini bulat maka efeknya selayaknya fish eye, melengkung. Wah asik juga nih …

Mencari lokasi dengan background yang menarik yang butuh beberapa kali percobaan. Akhirnya saya menemukan dinding pagar berwarna putih & merah bata yang cocok jadi background. Lokasinya juga memungkinkan saya memperoleh gambar penuh dari si Wat Hua Lamphong. Karena saya tidak membawa tripod maka mau tidak mau saya harus pegang sendiri kamera-nya dan dengan demikian nongol deh foto narsis saya disana hehehe.

Saya hanya bawa 1 lensa, 24-105 f4 L IS, jadi walau sangat ingin memotret tanpa background sehingga bisa dapat full fish eye effect saya tidak bisa. Ini adalah maksimum jarak terdekat fokus lensa saya. Tiap lensa memiliki minimum focus distance yang berbeda, pahami lensa yang sudah anda miliki.

Lesson learned : coba benar-benar jeli melihat kondisi sekeliling. Setelah mencoba memotret dengan gaya biasa (dan wajib) coba eksplore sudut lain / pendekatan lain. Karena pada akhirnya fotografi adalah masalah selera & kreatifitas, sedangkan kreatifitas adalah masalah melihat satu hal yang sama dengan sudut pandang yang berbeda.

MOTO YUK!!!

2 thoughts on “Fish Eye tanpa Lensa Fish Eye”

Leave a Reply MY-ers ...