First Look – Tripod Velbon Ultrek 40L

Saya mungkin “ter-obsesi” dengan keringkasan. Salah satunya adalah dalam hal tripod. Walau saya sudah memiliki travel tripod, tapi tetap saja panjangnya masih relatif cukup panjang untuk masuk ke koper / di bawa bawa. Baca baca artikel di internet akhirnya ketemu dengan salah satu tripod yang menurut saya revolusioner. Velbon Ultrek Series.

velbon ultrek 40L 1

Saya akhirnya membeli Velbon Ultrek 40L. Sama seperti seri ultrek yang lain tripod ini saat dipendekkan mencapai 27 cm pendeknya. Cukup pendek untuk masuk ke dalam tas jenis microtrekker. Yang unik adalah saat di panjangkan, tripod ini mencapai 146.5 cm – hampir eye level.

velbon ultrek 40L 2

Saya belum menguji coba lebih detil tripod yang baru saya terima ini. Tetapi first look nya adalah sebagai berikut :

PRO

  • Material yang digunakan cukup bagus – alumunium alloy untuk batang nya dan high quality plastic untuk part nya.
  • Bobot tripod ini juga relatif ok – 870 gram tanpa ball head.
  • Saat di simpan ukurannya relatif pendek, 27 cm – tetapi tetap kokoh saat di panjangkan ke ukuran maksimal 146.5 cm. Tentunya jangan berharap bahwa dia stabil untuk DSLR besar seperti 5d Mark III atau bahkan 1d Series (walau ada di internet yang menggunakannya). Tripod ini mungkin lebih cocok untuk jenis kamera mirrorless.
  • Setting / penggunaan tripod ini relatif mudah dengan mekanisme twist & lock.
  • Harga relatif terjangkau – saya membeli di ebay dengan harga sekitar 1.5jt
  • Tripod ini datang dengan tas tripod sederhana, tetapi memadahi

 

CONS

  • Walau stabil dan cukup kokoh, tetapi ukuran batang yang paling kecil relatif sangat mungil – kurang dari 1 cm – sehingga memang agak mengkhawatirkan.
  • Mekanisme lock yang menggunakan sejenis plastik pengunci menurut saya agak rawan terhadap : aus dan juga masuknya partikel seperti pasir – rasanya tidak recommended menggunakan tripod ini di pemotretan nature seperti pantai ber-ombak
  • Untuk ukurannya sebenarnya tripod ini relatif masih berat – andai velbon membuatnya menggunakan carbon maka saya rasa akan lebih ringan (dan mahal LoL)

 

Saya akan menguji coba tripod ini dalam beberapa waktu kedepan … so wait for my next review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *