Filter

Ada banyak alasan mengapa kita menggunakan filter. Beda filter beda alasan. Saya coba share sejauh yang saya tahu.

UV filter / Protector : jenis filter ini umumnya digunakan sebagai proteksi. Prinsipnya daripada lensa yang harganya 10jt ke gores pas kita motret mendingan filter seharga 400rb yang kegores kan? Saya termasuk pengguna UV Filter, maklum uang cekak untuk beli lagi lensa kalau kegores. Walaupun demikian ada sebagian orang yang menyatakan kualitas gambar menurun karena penggunaan UV berarti penambahan 1 elemen optik lagi. Sah saja pendapat ini apabila anda siap dengan resiko yang saya sebut. Kalau saya sih lebih pilih beli filter UV yang bagus (Hoya SuperHMC, Hoya Pro1 Digital, Hoya SuperHMC Pro1, B+W MRC adalah contoh2nya) dan melindungi lensa saya.

Circular Polarizer (CPL) : jenis filter ini mengatur cahaya yang masuk sedemikian rupa sehingga efeknya : langit menjadi lebih biru (awan juga nampak lebih nyata) dan refleksi (misalnya bayangan di kaca / air) menjadi hilang. Ini salah satu filter wajib saya jika ingin memotret landscape. Setelah anda membeli filter UV tabunglah uang anda untuk filter ini.

Gradual Neutral Density (GND) : salah satu filter wajib saya dalam memotret landscape juga. Filter ini umumnya bentuknya kotak (biasanya dipasang di Cokin holder). Bentuknya sebagian gelap dan sebagian lagi terang. Filter ini digunakan untuk menyeimbangkan exposure level antara langit dan bumi. Tanpa filter ini maka jika kita memotret di siang hari maka umumnya entah langitnya menjadi sangat putih (over exposure) atau orang / bumi yang kita potret menjadi gelap (seperti siluet). GND memiliki berbagai jenis, ada yang soft edge (dimana perbatasan gelap dan terangnya relatif lebih smooth), hard edge dan reverse GND (cek di www.singh-ray.com ). Belum lagi intensitas gelap dari GND berbeda beda, umumnya dinyatakan dari 0.3, 0.6, 0.9 – makin besar angkanya makin gelap dia.

Selain ketiga jenis filter ini adapula filter lain seperti neutral density, gradual color, Infrared, dll. It’s ok…dengan sambil berjalan nanti hal tersebut akan lebih mudah dimengerti.

Salam jepret !!!

12 thoughts on “Filter”

Leave a Reply MY-ers ...