Field of Flower Shooting Video

Dalam pemotretan model kali ini Karl Taylor menunjukkan bahwa backlight tidaklah selalu jelek. Backlight memiliki kelebihan dalam hal menampilkan detil rambut (umumnya dikenal dengan hair light). Tetapi tentunya pemotretan backlight haruslah dibantu dengan cahaya buatan (flash) atau reflektor.

Selain itu dalam video ini dia menunjukkan bahwa filter ND memiliki fungsi lain, selain untuk pemotretan slow shutter. Yaitu untuk memastikan kita bisa mendapatkan depth of field yang sempit walau menggunakan flash & di siang hari bolong. Kenapa jadi masalah? Kebanyakan flash memiliki sinkro time maksimal 1/500 secs. Sedangkan di siang hari bolong dengan menggunakan ISO terendah pun kita akan over exposure jika shutter speed = 1/500 secs dengan f1.8 misalnya. Neutral Density filter mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamera, dengan demikian memungkinkan kita menggunakan shutter speed sesuai dengan sinkro flash dan apperture lebar.

Fungsi lain reflektor? Sebagai kipas … ya, Karl menggunakannya untuk menciptakan angin yang melambaikan rambut si model. Hal ini menimbulkan nuansa gerak dan dinamis dalam pemotretan.

Walau dalam pemotretan ini Karl menggunakan lampu profesional, tapi hasil yang sama tetap bisa kita peroleh dengan metode strobist menggunakan off shoe flash biasa. So? Siapa mau ikutan dengan saya mencoba metode yang diajarkan Karl? 🙂

MOTO YUK!!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *