Dynamic Range on High ISO

Agak terlewat informasi ini dari mata saya selama ini … selama ini saya pikir ISO tinggi hanya mempengaruhi ke :

  • Noise : makin tinggi iso maka noise akan makin muncul, walau batas mulai muncul nya berbeda untuk tiap body kamera
  • Ketajaman : dikarenakan noise dan kesalahan prediksi pixel per pixel maka iso lebih tinggi memiliki ketajaman hasil yang juga lebih buruk
  • (selain tentunya pengaruh ke shutter speed dll)

Tapi pada pengalaman yang sebelumnya saya menemukan bahwa ISO juga berpengaruh terhadap dynamic range dari satu kamera. Dynamic range secara sederhana bisa di jelaskan sebagai “selisih” antara┬átitik paling terang dan paling gelap di satu foto. Apabila kemampuan dynamic range suatu kamera tinggi maka akan makin banyak area yang masih jelas detilnya. Sedangkan bila dynamic range nya rendah akibatnya adalah makin banyak area yang hilang detilnya, entah dikarenakan Blow-Out / Highlight clipping / jadi putih – atau jadi shadow / super under exposed.

Dynamic range tergantung dari tiap kamera, yang ini saya sudah paham. Tetapi saya baru “sadar” bahwa pada iso yang berbeda (di body kamera yang sama) maka kemampuan dynamic range nya berubah.

dynamic range 5dm2

Lihat pada Canon 5d Mark II di atas misalnya, pada ISO 100 sensor kamera nya mampu menangkap hampir 12 stop dynamic range. Tetapi pada iso 3200 kemampuannya drop sampai dengan 9.79 EV – artinya 2 stop lebih penurunan dynamic range. Jadi memotret pemandangan alam yang sama, dengan teknik dan tools yang sama, hasilnya akan berbeda apabila kita menggunakan iso 100 dan iso 3200.

Pada iso 3200 karena kemampuan dynamic range nya menurun drastis maka area di sekitar matahari terbit misalnya akan sangat putih, tidak ada detil lagi. Lain dengan iso100 yang mungkin akan masih menyisakan detil awan dll.

Tiap kamera penurunannya juga berbeda-beda. Lihat beberapa sample berikut ini :

dynamic range 7d

dynamic range d600

dynamic range 5n

Semua menurun, cuma berbeda kelandaiannya saja. Silahkan datang ke website DxO Mark untuk tahu lebih detil mengenai karakter kamera mu.

Tapi lesson learned nya : gunakan iso terendah saat pemotretan lanskap, kecuali ada kebutuhan yang sangat mendesak. Bukan hanya untuk masalah noise dan sharpness, melainkan juga dynamic range yang lebih baik.

motoyuk signature white




One thought on “Dynamic Range on High ISO”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *