“Deserted”

Lokasi pemotretan ini ada di dekat kota wisata cibubur, hanya beberapa menit dari rumah. Kebetulan melihatnya pas off-trail naik sepeda. Bangunan ini dibangun untuk membuat batu bata, tetapi sudah di tinggalkan. Tanaman dan ilalang menjalar kemana-mana dan menguatkan kesan deserted-nya.

Filter CPL digunakan pada sudut 180 derajat terhadap matahari, oleh sebab itu walau sudah di set pada maksimum tapi efeknya tidak sampai biru tua. Lain kalau dia digunakan pada sudut 90 derajat terhadap matahari.

Pada pemotretan ini ada 2 aspek yang kurang, satu dikarenakan kesalahan saya dan satu lagi karena memang alam sedang tidak bersahabat. Kesalahan saya adalah lupa memindahkan “sampah” yang ada di depan rumah yang ditinggalkan.

Original pictures

Sebenarnya cara yang paling benar adalah get it right at the first time, memindahkan sampahnya saat pemotretan. Tapi berhubung sudah terlanjur maka saya menggunakan pacth tools yang ada di Adobe Photoshop. Hasilnya cukup baik, tetapi warnanya agak terang / tidak homogen dengan dedaunan sekitarnya. Oleh sebab itu saya gunakan lasso tools untuk melakukan selection dan menggunakan brush dengan warna sama dengan dedaunan sekitarnya untuk memperbaiki warna hasil patch tools. Agar warnanya tidak nge -block saya gunakan jenis blending Overlay dengan opacity 20% an.

Selesai dengan ini masalah alam yang perlu dibenahi. Langitnya terlalu “kosong” padahal di sekitarnya ada awan yang cukup bagus. Tapi karena saya bukan dukun yang bisa menggeser awan-awan itu maka saya ambil dulu fotonya.

Foto awan dari langit sebelahnya

Foto langit ini saya jadikan layer baru di foto sebelumnya, saya atur posisinya dan di blending dengan Lighten + Opacity 100%. Hasilnya mulus tergabung dan langit sekarang lebih ada karakternya.

Setelah itu tinggal memperbaiki sedikit dengan menggunakan curve. Hal ini untuk mengangkat / menurunkan exposure di beberapa area yang dibutuhkan. Resize, sharpening dan selesai, 10 menit saja koq.

MOTO YUK!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *