Crop & Gaussian Blur untuk menyelamatkan komposisi

Saya dapat “tantangan” untuk membuat foto berikut ini agar lebih menarik …

Foto Awal

Tidak ada masalah teknis di foto ini, obyek utama (buah berwarna merah) nampak tajam dalam zoom 100% nya. Akan tetapi komposisi yang terlalu “dead center” & keterbatasan lensa untuk membuat background blur adalah kendala nya (imho).

Langkah pertama saya adalah melakukan perbaikan komposisi. Saya menggunakan prinsip rule of third agar posisi buah lebih menarik. Jadi saya gunakan “Rectangular Marquee Tools” di Adobe Photoshop untuk nantinya melakukan crop. Agar rasio ukurannya tetap terjaga saya menggunakan style “Fixed Ratio” dengan width 3 dan height 2. Setelahnya saya lakukan cropping. Saya tertolong dengan resolusi kamera yang cukup tinggi sehingga walau saya melakukan crop tetap saja masih menghasilkan detil yang cukup baik.

Sesudah crop

Sekarang secara komposisi sudah sedikit terbantu. Hanya saja daun di sebelah kanan terasa mengganggu karena nampak nyata / tidak kabur. Seharusnya pada saat pemotretan kita bisa menggeser cabang daun tersebut. Tetapi saya akan gunakan filter “Gaussian Blur” untuk membantu menghilangkan dampaknya.

Pertama saya akan duplicate hasil crop. Setelah itu saya aplikasikan filter Blue / Gaussian Blur pada layer tersebut. Setting yang saya gunakan adalah 30 pixels.

Setelahnya kita tambahkan layer mask pada layer yang kita aplikasikan Gaussian Blur. Tujuan kita adalah memunculkan buah warna merah-nya.

Pada layer mask kita lakukan selection menggunakan lasso tools. Kira-kira saja dahulu. Lalu kita gunakan “Refine Edge” atau “Feather” untuk mengatur blending dari layer masking kita.

Setelahnya kita aplikasikan “Paint Bucket Tools” warna hitam pada bagian yang sudah kita select tersebut. Hal ini akan memunculkan kembali detil buah yang ada di layer di bawahnya.

Selesai sudah pengolahan sederhana ini. Hasil nya dapat kita lihat di bawah ini :

Proses pengolahannya sendiri tidak lebih dari 5 menit kalau kita sudah terbiasa. Jadi saya rasa ini masih cukup wajar. Selamat mencoba.

MOTO YUK!!!

—————————————

PS :

  • Special thanks to Andrew untuk fotonya yang saya gunakan diatas
  • Silahkan lihat before & after nya yang berdampingan
  • Kalau ingin tahu lebih jauh atau bingung dengan tutorial diatas silahkan ikut serta dalam event motoyuk : Adobe Photoshop for Photographers, cek di agenda motoyuk.com untuk jadwal paling update


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *