Photoshop Tutorial – Classic / “Retro” Color Tone – menggunakan Adobe Photoshop

Walaupun picture style yang dimiliki oleh Canon sudah mampu memodifikasi Hue-Saturasi-Lightness langsung dari kamera, akan tetapi kadang kita ingin memunculkan suatu tonal warna yang berbeda. Salah satunya adalah tonal warna classic / oldiest yang memiliki color cast warna kuning dan biru. Ini adalah salah satu tonal warna yang saya sukai kalau sedang memotret model. Berikut adalah salah satu cara (ingat…hanya salah satu cara, masih banyak cara lain dan tonal warna lain pula) untuk membuat tonal warna tersebut.

Coba lihat perubahan di bawah ini :

Click to see bigger & better resolution

Foto pertama adalah JPEG hasil langsung dari kamera, kita dapat menggunakan Canon DPP untuk memproses RAW yang dihasilkan, hasilnya adalah foto no.2. (Lihat cara proses RAW menggunakan Canon DPP & Contoh lainnya). Setting yang digunakan saat melakukan konversi RAW foto ini adalah sebagai berikut :

Canon DPP RAW Setting
Setting Canon DPP untuk memproses RAW

Walaupun proses RAW sudah menghasilkan warna yang lebih menarik dibandingkan hasil mentah dari kamera, akan tetapi kita ingin mencoba mengolahnya lebih lanjut. Kita bisa menggunakan berbagai macam software pengolah foto, baik yang free (misalnya GIMP) ataupun berbayar (misalnya Adobe Photoshop). Dalam contoh ini saya menggunakan Adobe Photoshop CS4.

Hasil proses dari Canon DPP saya buka sebagai new layer di Adobe Photoshop. Setelah itu saya membuat 2 adjustment layer, satu untuk curve dan satu lagi color balance. Curve digunakan untuk mengatur color cast biru-hijau-merah dan color balance akan saya gunakan untuk menambahkan warna kuning pada foto.

Layer-layer di Adobe Photoshop

Untuk curve dan color balance saya lakukan setting seperti di bawah ini :

Curve setting (untuk masing-masing Blue-Green-Red) di layer adjustment Adobe Photoshop
Seting color balance - hanya diubah bagian Yellow

Besar kecilnya setting yang dilakukan sangat bergantung pada foto yang sedang di olah. Jadi contoh setting diatas hanya sebagai acuan saja, gunakan selera anda sebagai panduan. Ubah-ubah dan lihat bagaimana hasilnya. Lihat mana yang paling sesuai dengan keinginan. Hasil akhir dari pengolahan ini adalah :

Foto setelah proses Canon DPP & Adobe Photoshop

MOTO YUK!!!



8 thoughts on “Photoshop Tutorial – Classic / “Retro” Color Tone – menggunakan Adobe Photoshop”

  1. tengkyu bro…small touch but make it different…mau nanya bro, klo mau ngedit kya gaya film ‘300’ kya gimana yaa??

Leave a Reply MY-ers ...