CatBa Harbour in BW

Pelabuhan di CatBa Island, HalongBay, Vietnam merupakan titik vital perekonomian pulau tersebut. Selain karena lokasi pulau yang memang dijangkau via laut, ini juga merupakan pusat kota. Disinilah semua perekonomian pulau ini berada.

Yang nampak di kejauhan itu adalah rumah terapung dan kapal-kapal yang berlabuh. Kelihatan nyata betapa bergantungnya pulau ini dengan transportasi laut dan sumber daya kelautan. Umumnya mereka berlayar di siang hari, lalu malam harinya sebagian kembali untuk berlabuh. Maklum, pelabuhan ini seperti teluk alami, jadi lautnya sangat tenang.

Pilihan warna BW diambil untuk menguatkan kesan dramatis pada foto-foto ini. Selain karena foto ini juga sifatnya lebih ke foto perjalanan, dan bukan “keindahan”. Tapi cerita mengenai pulau CatBa itu sendiri.

Nampak pada foto diatas taman kota dari pulau ini. Taman inilah yang pada malam hari menjadi pusat kegiatan warga pulau. Tidak luas, mungkin hanya sekitar 75 meter lebarnya dan terbentang sekitar 1 km sepanjang pinggir pelabuhan. Akan tetapi walau kecil nampak rapi, bersih dan juga indah dengan banyak tanaman yang dirawat.

Banyak sekali jenis kapal yang berlabuh. Mulai dari kapal pencari ikan yang ukurannya cukup besar, hingga kapal kecil untuk menuju daratan. Tapi satu hal yang sama, mereka mencintai lautan mereka. Hal ini terlihat dari pelabuhan yang airnya cukup bersih. Sedih rasanya kalau membandingkan dengan pelabuhan di Indonesia, apalagi kalau bicara Muara Angke 🙁

MOTO YUK!!!


2 thoughts on “CatBa Harbour in BW”

Leave a Reply MY-ers ...