Cara cerdas hemat biaya filter

Salah seorang teman saya baru kemaren nanya, apakah merek CPL tertentu ok untuk dibeli. Ini gara-gara dia perlu beli CPL buat lensa barunya, yang diameter filter nya 62mm – berbeda dengan lensa lama nya yang 77mm. Wow ….. lensa baru = filter baru ?

Membeli filter berbagai ukuran bisa jadi satu satunya jalan yang terpikir oleh my-ers. Tapi bayangkan biaya nya kalau kita beli filter berbagai ukuran. Kalau 1 filter CPL dengan kualitas bagus harganya Rp 400.000 …. maka memiliki 3 ukuran saja sudah menguras dompet sebanyak 1jt lebih. Belum lagi kalau kita butuh filter ND, atau ring adapter untuk GND holder.

Jadi apa solusinya?

Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan menggunakan peralatan namanya step up ring. Step up ring memungkinkan kita menggunakan filter dengan ukuran lebih besar ke lensa dengan ukuran filter thread lebih kecil.

Jadi misalnya kita punya filter CPL ukuran 77mm, dan kita punya lensa dengan ukuran filter thread 62mm … maka kita bisa membeli step-up ring 62-77. Kita pasangkan step up ring di depan lensa kita, baru kemudian kita pasangkan filter pada step up ring tersebut. Apabila kita punya lensa lain dengan ukuran filter thread 58mm maka cukup kita beli lagi step up ring 58-77, filter cukup satu saja.

 step_up_ring_set

Apakah ada dampak misalnya vignette dikarenakan penambahan step up ini? Di kebanyakan kasus tidak. Hal ini dikarenakan ukuran filter yang lebih besar dari mulut lensa. Bahkan salah satu trik untuk menghindari vignette adalah dengan menggunakan filter yang ukurannya lebih besar, lalu dipasangkan dengan step up ring.

Hal yang sama bisa kita lakukan pada GND holder ring adapter. Kita bisa pasangkan step up ring untuk menggunakan ring adapter yang kita miliki. Tetapi hati hati untuk kasus ini, karena vignette kadang bisa muncul.

Harga step up ring ini hanyalah sekitar 40rb di BursaFN. Jauh lebih murah daripada kita memiliki beberapa CPL, beberapa ND dan beberapa ring adapter.

Have fun ….

motoyuk signature white



17 thoughts on “Cara cerdas hemat biaya filter”

  1. gan klo canon eos 700d kit 18-55mm bagusnya filter apaan? soalnya mau saya pake buat belajar landscape… mohon bantuannya…

Leave a Reply MY-ers ...