Canon Picture Style – InfraRed Emulation

Canon Picture Style adalah fitur DSLR Canon moderen yang memungkinkan kita memanipulasi Hue-Saturation-Lightness langsung saat foto diambil. Alhasil JPEG hasil dari kamera langsung diproses sesuai dengan setting yang sudah dibuat sebelumnya. Lihat contoh di bawah ini :

Kolase picture style result Canon Picture Style   InfraRed Emulation

Click for larger image – (dari kiri ke kanan) : Standard – Landscape – Neutral

Kita lihat ketiganya memiliki karakter warna yang sedikit berbeda. Landscape misalnya cenderung agak “reddish/merah” dan menguatkan saturasi warna hijau. Oleh sebab itu picture style ini umumnya saya gunakan untuk memotret pemandangan alam yang kuat unsur hijau & biru. Sedangkan standard cenderung lebih natural, sehingga cocok untuk pemotretan human interest karena skintone yang dihasilkan lebih akurat. Sedangkan neutral tidak melakukan proses terlalu banyak, sehingga cenderung lebih flat dan siap untuk diproses lanjut di komputer.

Canon umumnya menyediakan 6 picture style yang sudah di built-in ke dalam kamera, dan beberapa slot kosong (user defined) untuk kita isi dengan picture style yang ada di web Canon ataupun kita buat sendiri. Cara mengisi slot kosong picture style bisa dibaca di web Canon tersebut. Sedangkan 6 picture style yang sudah disediakan Canon adalah :

Canon Default Pic Style Canon Picture Style   InfraRed Emulation

Canon Default Picture Style

Tapi selain default kita bisa memasukkan sampai dengan 3 custom picture style. Custom picture style ini bisa diperoleh di web Canon, hasil googling dari internet atau membuat sendiri menggunakan picture style editor.

Salah satu fotografer yang baik hati, Pak Ketut Sukandia, bahkan membuat custom picture style yang di bagikan gratis di internet. Custom picture style milik beliau ini unik karena “mensimulasikan” fotografi infrared. Pada prinsipnya beliau menghilangkan saturasi warna hijau dan beberapa warna lain. Sehingga yang tersisa adalah warna-warna dominan seperti merah atau kuning. Akibatnya kalau kita memotret dengan background hijau akan diubah menjadi putih selayaknya fotografi IR.

IR with SKD Canon Picture Style   InfraRed Emulation

Click for larger image

Keduanya merupakan hasil pemotretan langsung dari kamera (JPEG). Foto atas merupakan hasil dari picture style Landscape, sedangkan yang bawah merupakan hasil dari picture style “SKD IM” yang merupakan bagian dari picture style SKD IR yang dibuat oleh Pak Ketut Sukandia. Coba juga lihat beberapa hasil picture style ini :

Kolase result SKD Canon Picture Style   InfraRed Emulation

Click for larger image

Dari kiri atas (searah jarum jam) : Original JPEG menggunakan Landscape Picture Style, SKD IR, SKD IM dan terakhir SKD Godel. Dapat dilihat karakter warna biru dan putih (hasil dari warna hijau) diantara ketiganya sedikit berbeda. Tinggal pilih mana yang diinginkan icon smile Canon Picture Style   InfraRed Emulation

Semua hasil dari picture style tentu saja bisa di buat menggunakan Canon DPP Raw Converter + Adobe Photoshop. Akan tetapi kalau bisa memperpendek workflow kenapa tidak? Less time for post-processing, more time for taking pictures.

Update on 5 Aug 2010 : Cara memasukkan picture style bisa dilihat di post ini


22 thoughts on “Canon Picture Style – InfraRed Emulation”

Leave a Reply MY-ers ...