Canon EOS 5d Mark II Custom Mode

Sama halnya dengan post sebelumnya mengenai custom mode di Canon EOS 40d, maka di Canon 5d Mark II juga memiliki 3 fungsi custom. Fungsi custom ini bisa memanggil semua jenis setting yang sudah kita buat. Sangat sangat praktis dan berguna. Jadi saya sangat merekomendasikan anda menggunakannya.

Untuk Canon 5d Mark II saya membuat tombol “Set” untuk mengakses Quick Launch. Ini sangat berguna saat kamera saya sudah terpasang di tripod. Jadi saya bisa mengubah-ubah setting (sebagian besar setting bisa diakses disini) tanpa harus menengok ke bagian atas dari kamera. Sangat mudah dan praktis, nilai plus untuk Canon dalam hal ini.

Secara umum saya membuat setting yang kurang lebih sama dengan custom mode di Canon 40D. Yang saya bedakan adalah pada C3 saya menggunakan apperture f22. Hal ini dikarenakan pada kamera full frame ini saya bisa mendapatkan pengaruh difraksi lensa yang sama dengan f16 di Canon 40D. Jadi walau menggunakan f22 hasilnya akan tetap tajam, tidak terlalu terpengaruh oleh difraksi lensa.

Selain itu saya menggunakan ISO 50 yang bebas noise. ISO ini merupakan salah satu kelebihan full frame camera ini. Kebanyakan body kamera lain berhenti di ISO 100. Tidak ada salahnya menggunakan ISO 100 bahkan 200, tapi kalau ada pilihan lebih rendah kenapa tidak 🙂

Perbedaan lain adalah dalam ukuran image quality yang digunakan. Untuk Candid saya cukup menggunakan ukuran Medium Fine (11 MPixel). Untuk landscape biasa (C2) saya menggunakan sRaw1 dan bukan RAW untuk memperkecil ukuran file yang dihasilkan (hanya 11 MPixel, dan bukan 21 MPixel seperti pada RAW nya). Sedangkan di C3 yang digunakan untuk landscape serius saya gunakan RAW supaya maksimal waktu nanti pengolahan.

Selamat setting 🙂

MOTO YUK!!!


16 thoughts on “Canon EOS 5d Mark II Custom Mode”

  1. ha ha ha … habis lihat nama di dialog box “motoyuk says: bla bla bla ..” …maka kupanggil mas motoyuk ..:)… lagi baca artikel lainnya, seru seru n bikin penasaran. jadi pengen ikut kursusnya. BTW artikel ttg evolusi-nya nyindir aku banget … ha ha ha …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *