Canon EF 70-300 f4-5.6 L IS Samples

Selama ini saya selalu malas membawa lensa tele. Bukan hanya karena saya adalah fotografer landscape dengan karakter lensa wide, tetapi juga karena beratnya lensa-lensa tele Canon (atau Nikon juga sama saja … semua lensa tele berkualitas = berat). Jadi mempertimbangkan saya juga tidak menggunakan apeture terlebar lensa 70-200 f2.8 L IS saya cukup sering maka beberapa waktu lalu saya berpikir untuk menggantinya.

Untuk kandidat penggantinya saya mempertimbangkan :

  • Canon 70-200 f4 L IS : lensa ini tajam dan warnanya indah (khas lensa L Series). Selain itu juga beratnya juga “hanya” 760 gram. Kandidat ideal sebenarnya, hanya sayang-nya untuk landscaper (yang kadang nge-wildlife) kayak saya 200mm di full frame masih kurang tele. Oleh karenanya saya jadi perlu bawa-bawa tele converter yang untuk pasangnya juga jadi ribet sendiri.
  • Canon 70-300 f4-5.6 L IS : lensa ini baru saja di launch oleh Canon. Termasuk masih sangat baru. Berdasarkan review lensa ini juga tajam, bersaing dengan lensa 70-200 f4 L IS. Beratnya sedikit lebih berat dibanding lensa 70-200 f4 L IS : 1050 gram. Tetapi masih tetap lebih ringan dibandingkan lensa 70-200 f2.8 L IS saya yang sebelumnya (hampir mencapai 1.5 kg). Lensa ini juga unggul karena memiliki focal length lebih panjang. Walau pada tele-nya hanya di f5.6 – yang membuat lensa ini jelassss bukan pilihan buat yang mau menggunakannya indoor.

Pada akhirnya saya lebih memilih focal length, sehingga saya membeli lensa 70-300 ini. Trial pertama saya coba di Taman Safari, Ujung Genteng dan juga sekitar rumah.

Warna yang dihasilkan sesuai dengan statusnya sebagai L Series. Sementara di foto diatas terlihat bahwa lensa ini tajam bahkan di 300mm f5.6 nya. Mantap untuk digunakan dalam pemotretan wildlife ringan & juga landscape. Hal ini karena performance nya mantap, sementara beratnya juga enak untuk di packing & dibawa tracking.

Kemampuan “Makro” nya juga relatif cukup baik. Hal ini karena minimum focus distance nya yang cukup dekat. Sehingga obyek seperti bunglon diatas masih bisa didapat hanya dengan crop sedikit (@300mm f5.6) – padahal ini diambil menggunakan body full frame dimana focal length menjadi “tidak lagi tele”.

Untuk human interest lensa ini juga masih nyaman digunakan, asalkan bukan model kalau menurut saya.

Jadi, apabila anda seorang landscaper yang membutuhkan lensa tele buat outdoor & trekking maka lensa ini boleh dipertimbangkan. Sungguh, sebagai landscaper anda tidak membutuhkan f2.8 – dan membutuhkan lensa yang tajam di bukaan sempit + ringan.

 

PS : Last update (25 Sept 2011) – saya akhirnya menjual juga lensa ini karena ternyata setelah “di-renung renungkan” saya memang wide sejati, jarang sekali akhirnya lensa ini digunakan. Tapi ini tentunya personal preference, lensa ini sendiri sebenarnya sangat bagus.


5 thoughts on “Canon EF 70-300 f4-5.6 L IS Samples”

  1. skrg mungkin hnya mimpi jika saya punya ini…karna harganya yg “wah”, tp seandainya saja sy belum berkeluarga mungkin saja bisa terbeli…

Leave a Reply MY-ers ...