Canon Custom Function IV – Shutter / AE Lock Button

Setelah membeli kamera EOS DSLR apa ada yang membaca buku manual dan/atau menemukan penggunaan Custom Function?

Canon (seperti halnya DSLR merk lain) menyediakan menu agar kamera kita bisa dioperasikan sesuai keinginan kita. Tiap tipe DSLR memiliki jumlah custom function yang berbeda. Makin tinggi kelasnya maka jumlah custom function yang disediakan makin banyak.

Contoh custom function misalnya :

  • Mengaktifkan / menonaktifkan highlight tone priority (HTP) sehingga kamera memiliki dynamic range yang lebih luas
  • Mengatur kenaikan ISO, apakah 1/3 stop atau 1 stop
  • Mengatur fungsi dari tombol “SET”, apakah mau untuk masuk menu, menampilkan foto yang sudah diambil atau fungsi lainnya

Salah satu custom function yang sudah saya gunakan bertahun-tahun dan menurut saya sangat berguna adalah “Shutter / AE Lock Button“. Custom function ini tersedia di kebanyakan tipe DSLR dan manfaatnya luar biasa. Saya sendiri menyadari manfaat custom function ini sejak bertemu dengan fotografer dari Malaysia yang kebetulan waktu itu sedang hunting bersama dan sharing.

Fungsi

Fungsi utama dari custom function ini adalah mengatur apa yang terjadi kalau shutter button (tombol untuk memotret) dan AE Lock (tombol di bagian belakang dengan tanda *) digunakan.

Setting standard dari pabrik adalah “0” dimana shutter button digunakan sebagai auto-focus dan tombol * merupakan tombol auto exposure (AE) lock. Ini artinya kalau shutter button kita tekan setengah maka kamera akan segera melakukan auto fokus, dengan titik auto fokus yang sudah kita pilih. Sedangkan kalau * ditekan maka kamera akan “menyimpan” hasil metering exposure yang saat itu sedang berlangsung. Jadi walau kamera digeser geser, zoom, melakukan auto fokus, dll maka meteringnya tetap (sampai AE lock ditekan kembali).

Pilihan yang saya gunakan adalah “1”. Pada pilihan ini maka shutter button digunakan sebagai AE Lock button, dan tombol * digunakan sebagai tombol auto focus. Kebalikan dari pilihan “0”.

Kelebihan Custom Function dengan setting “1”

 Apa kegunaannya kita membalik fungsi dari kedua tombol ini? Bukankah sama saja? Tidak, pengoperasiannya menjadi sangat berbeda.

Custom function IV di Canon EOS 1D Mark IV

Focusing seringkali menjadi hal yang menyebalkan. Focusing yang buruk mengakibatkan foto yang tidak tajam. Kehilangan momen karena tidak focus adalah bencana buat fotografer. Dengan setting standard kamera maka kamera akan melakukan auto focus setiap kali tombol shutter ditekan setengah. Jadi kita akan selalu melewati proses autofocus pada saat mau memotret.

Hal ini bisa membuat frustasi apabila sebenarnya kita sudah mengunci titik fokus kita dan hanya tinggal menunggu momen. Ini bisa terjadi misalnya pada saat kita memotret obyek macro, anak kecil yang sedang duduk diam bermain, MotoGP dimana kita ingin memotret di belokan, dll.  Dengan menggunakan setting “1” maka kita cukup melakukan fokus sekali menggunakan tombol * lalu menunggu momen. Saat kita menekan shutter button maka kamera tidak akan lagi melakukan auto focus. Sehingga focusing cenderung lebih akurat.

Keuntungan lainnya yang saya temukan saat seminar Mr. Teoh Peng Kee adalah kita bisa menggunakan Flash Exposure Lock (FEL) & Auto Exposure Lock (AEL) secara bersamaan di kamera tanpa dedicated FEL button, tetapi yang memiliki tombol AF-ON (ini biasanya adalah kamera 2 digit seperti Canon EOS 50D).

Kamera 1 digit memiliki dedicated button untuk melakukan Flash Exposure Lock (FEL), Auto Exposure Lock (*) dan Auto Focus (AF-ON). Jadi melakukan flash exposure lock bersamaan dengan auto exposure lock dimungkinkan. Tinggal tekan FEL pada saat ingin melakukan flash exposure lock, dilanjutkan menekan tombol * pada saat ingin melakukan exposure lock.

Canon EOS 1D Mark IV - Courtesy of dpreview.com

Tetapi di kamera tanpa dedicated FEL button maka kita tidak lagi bisa melakukan exposure lock pada saat flash sudah diaktifkan. Hal ini dikarenakan tombol * menjadi tombol aktifasi FEL juga. Jadi misalnya kita ingin melakukan flash exposure lock pada wajah obyek, lalu kita ingin melakukan auto exposure lock (metering) di area lain dari gambar, tidak bisa dilakukan. Karena saat kita menekan tombol * maka FEL dan AEL dilakukan bersamaan.

Tapi di kamera dengan tombol AF-ON tersedia kita bisa mengakali hal tersebut. Yaitu dengan menggunakan custom function IV dengan setting parameter “1”. Setting parameter ini membuat fungsi tombol saat flash aktif menjadi :

  • AF-ON : untuk melakukan auto focus
  • * : untuk Flash Exposure Lock
  • Shutter button : untuk Auto Exposure Lock
Canon EOS 50D memiliki dedicated AF-ON button - courtesy of dpreview.com

Jadi prosesnya kita bisa melakukan auto focus menggunakan tombol AF-ON. Kemudian kita bisa lakukan flash exposure lock dengan mengarahkan bagian tengah dari frame ke area yang mau di flash metering (misalnya wajah model), lalu menekan tombol *. Setelah itu kita bisa melakukan metering dengan mengarahkan titik metering ke area yang mau di meter dan menekan tombol shutter setengah dan menahannya. Setelah itu kita tinggal melakukan komposisi dan lanjutkan menekan shutter button. Done….

Saya sangat menyarankan penggunaan custom function IV ini. Tapi tentunya ini tergantung pada kebiasaan dan juga obyek yang sering kita potret. Selamat motret. MOTO YUK !!!

9 thoughts on “Canon Custom Function IV – Shutter / AE Lock Button”

  1. terimakasih banget nih om artikelx…

    mau nanya aj om, sebenarnya fungsi F itu apa ya om secara detilnya… masalahnya masih balum mengerti penuh tentang F dan tentang kegunaan ISO… mohon bagi ilmunya ya om….

    1. Hai Yud, F itu apperture. Untuk penjelasan penggunaannya bisa cek di artikel lain di blog ini mengenai apperture & ISO (di search aja kalau mau gampang). Kalau masih bingung tanya aja ya

  2. @abramz : 40D working perfectly, kebetulan saya pakai 40D. Justru FEL berfungsi lebih ‘baik’ dengan menggunakan custom function ini. Nanti saya jelaskan pas mini workshop deh

  3. Mohon penjelasan Om. Pada Canon D600, dengan setting M kenapa tidak bisa difungsikan AE Lock? Apa memang demikian atau ada kerusakan kamera. Tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *