Blue Hours of Sanur

“Blue Hours” atau sering disebut twilight adalah sesaat sebelum matahari terbit atau sesudah matahari tenggelam. Pada saat ini langit berubah menjadi biru gelap. Warna ini sangat disukai oleh landscaper karena memberikan warna pada langit malam, tidak hanya hitam pekat yang kurang menarik umumnya.

Foto diambil sekitar 5 – 10 menit sebelum matahari terbit di Sanur, Bali. Tepatnya jam 05.45 WITA. Pada saat ini langit nampak biru gelap dengan semburat jingga di ujung-ujung awan. Momen seperti ini hanya berlangsung sangat singkat, antara 3-5 menit saja. Setelah itu langit akan berubah drastis. Oleh sebab itu pemahaman mengenai setting kamera dengan cepat + waktu pemotretan (dan juga semangat bangun pagi tentunya) adalah kunci yang penting untuk menghasilkan foto blue hours seperti ini.

Foto seperti diatas bisa dihasilkan dari kamera pocket biasa, asalkan di setting dengan benar. Tidak perlu menggunakan kamera, lensa & filter yang mahal. Cukup ketepatan waktu hadir di lokasi + setting kamera yang benar sudah bisa menghasilkan foto seperti diatas.

Lesson learned : pahami kapan waktu sunrise, bangun pagi, datang di lokasi paling tidak 30 menit sebelum waktu sunrise dengan kamera sudah di setting – dan kamu akan hasilkan foto yang tidak biasa, walaupun hanya menggunakan kamera pocket sekalipun.

MOTO YUK!!!


2 thoughts on “Blue Hours of Sanur”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *