“Black & White” Learning Challenge

Pemenang learning challenge minggu lalu juga favorit saya … fotonya sungguh menggugah. Tonal pink yang cantik dengan lekuk halus seperti lukisan, menambah sisi feminim bunga yang dijadikan obyek.

Selamat Herman atas fotonya yang memang jawara. Foto ini memang layak jadi jawara tantangan belajar pemotretan bunga.

Rose vortex 
f/16 iso200 35mm on tripod

Saya rasa foto ini di poles lanjut dengan salah satu filter di photoshop untuk detil cat air nya. Silahkan Herman kalau mau info mengenai prosesnya untuk di share.

—–

Tantangan berikutnya benar benar akan melatih mata kita berbeda. Foto Black & White sedikit berbeda dengan fotografi biasa. Apabila pemotretan biasa kita berhadapan dengan gradasi exposure + gradasi warna, maka pada pemotretan BW kita hanya menghadapi gradasi exposure.

Dengan tidak adanya warna, maka pattern, pola, bentuk, dan tentunya gradasi exposure akan sangat menonjol. Cara paling mudah untuk mencoba adalah dengan menggunakan picture style / picture control BW semenjak di kamera. Hal ini akan memberikan “gambaran” bagaimana hasil akhirnya nanti. Tentunya tetap gunakan RAW untuk nanti proses lanjut.

Salah satu tools untuk proses BW adalah plugin photoshop dari NIK Software : Silver Effect. Silahkan di cari 🙂 – Jaminan mutu untuk menghasilkan BW yang kuat dan “kental”

Leave a Reply MY-ers ...