Biru-Merah dan Sunrise

Banyak sekali jenis perahu di Ujung Genteng. Tapi umumnya memiliki warna-warna yang indah untuk dilihat di foto. Hal ini karena mereka menggunakan warna yang terang dan jenis cat nya metalik sehingga menonjol sekali saat di foto. Hal inilah yang membuat kita nyaman menggunakannya sebagai foreground yang kuat dalam foto.

Foto dibawah ini juga menggunakan si perahu sebagai foreground. Lebih tepatnya sebagian kecil dari perahu. Warna papan perahu yang merah menyala di kombinasikan dengan warna perahu yang biru terang membuat komposisi warna foto ini jadi enak dilihat. Sedangkan di background kebetulan sekali sunrise sangat indah, dan ROL (Ray-of-Light) nampak jelas di kejauhan.

Parameter pemotretan : Canon 5dMarkII + 17-40 f4 L @ 17mm | Av @ f11 8 secs ISO100 EV+2/3 | Standard 7040 Picture Style | Daylight White Balance | GND Hard Edge 0.9x | Tripod

 

Salah satu trik (dan lesson learned) yang diperoleh pada pemotretan ini adalah bahwa cukup riskan memotret di pantai pada kondisi pasang tinggi (full moon). Hal ini karena ombak menjadi tinggi dan mengenai perahu. Dampak langsung adalah tentunya perahu menjadi goyang. Untung dalam foto ini saya berada di dalam perahu yang saya foto, sehingga papan dan perahu nya sendiri relatif sharp. Tetapi kalau kita lihat perahu di kejauhan dan juga garis horizon maka terlihat agak kurang sharp. Hal ini dikarenakan perahu yang saya naiki bergoyang sedikit juga.

GND Hard Edge sudah hukumnya wajib untuk kondisi seperti ini. Tanpa GND tentunya kita hanya bisa mendapatkan perahu yang berupa siluet, atau langit yang over exposed. Sedangkan menggunakan GND jenis soft edge membuat kontras warna tidak bisa seperti di foto ini.

Post process? Tidaklah aneh-aneh kalau kita sudah melakukan setting dengan benar dan menggunakan GND Hard Edge. Cukup dengan meningkatkan saturasi + sharpness lebih lanjut, dan sudah beres.

MOTO YUK!!!

4 thoughts on “Biru-Merah dan Sunrise”

  1. Mo tanya neh om
    Lg nyari filter hitech 0.9 yg soft (satuan),cuma kok agak sulit ya. Adanya 0.9 yg hard. Kira2 gmn ya perbedaannya?
    Kebutulan bln dpn ada rencana ke ranu kumbolo ama karimun jawa… 🙂
    Aq pake canon lens 10-22…
    Thanks before…

    1. untuk ranu kumbolo rasanya soft akan lebih berguna, sedangkan karimunjawa hard akan lebih berguna
      Perbedaannya cek di post “GND The ultimate filter for landscape”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *