Bersih bersih setelah motret

Motret, terutama landscape dan wildlife, jelas berpotensi bikin orang-orang OCD (Obsesive Compulsive Disorder – alias terlalu rapi) seperti saya mengernyit. Bukan karena gak dapat sunset, tapi karena petualangannya berpotensi mengotori peralatan. Mulai dari kotoran di lensa  dan filter (debu, minyak, cipratan air, dll), atau  di body kamera, dan yang sudah pasti di tripod yang terendam air laut dan kena pasir. Ya, ya, semuanya itu hanya peralatan, jadi harus menerima bahwa mereka akan kotor kalau kita gunakan, tapi paling tidak karena mereka itu mahal kita perlu paham bagaimana menjaganya. Jadi bagaimana kita bebersih ?

Lensa

Musuh utama lensa adalah debu, minyak (karena tersentuh tangan maupun yang lain) dan cipratan air (air laut adalah yang terburuk). Sedikit debu dan minyak tidak akan sampai mengganggu hasil foto. Tapi cipratan air bisa jadi noda di foto, kalau kena di bagian langit sih gampang tinggal di Patch Tool di photoshop, tapi kalau di bagian detil mungkin agak repot.

Untuk pencegahan :

  1. Gunakan filter UV sebagai proteksi – alih alih nempel ke bagian depan lensa, maka UV yang kena. Jadi lebih “mudah” untuk kita membersihkannya. Selain itu UV filter berguna sebagai penutup tambahan sehingga debu mikro tidak masuk ke bagian dalam lensa.
  2. Gunakan lens hood – pada kondisi hujan rintik-rintik atau debu yang cukup parah maka lens hood menghalangi sedikit kotoran mengenai permukaan lensa langsung.
  3. Buka tutup lens cap – saat percikan ombak / air terjun yang terbawa angin terus “mengguyur” maka lens cap bisa jadi penutup sementara. Tunggu sampai kondisi angin lebih baik, baru buka dan jepret. Lalu tutup kembali.

Nah, segera setelah pulang dari sesi pemotretan bersihkan lensa supaya siap di pemotretan berikutnya. Yang punya kacung (baca : asisten) ya silahkan minta tolong. Buat yang belum punya seperti saya, ya harus bersihkan sendiri wkwk.

Untuk debu (dan juga langkah pertama bebersih) adalah menggunakan blower. Blower berguna untuk meniup debu debu ukuran besar. Tujuannya supaya debu ini tidak menggores saat kita menggunakan lap. Lap + debu = amplas.

Setelah debu di tiup menggunakan blower maka kita bisa menggunakan Lap Microfiber untuk membersihkan debu yang kecil / noda. Bersihkan perlahan dengan menggunakan gerakan memutar. Kalau masih ada noda membandel maka gunakan “uap dari mulut kita” untuk melembabkan sedikit permukaan lensa / filter UV. Biasanya ini berfungsi dengan baik untuk membersihkan noda.

Tapi apabila noda masih belum juga mau hilang, maka gunakan cairan lens cleaner, misalnya Zeiss lens spray cleaner. Semprotkan sedikit di lap microfiber yang bersih. Lalu ulaskan di area yang ada noda membandel, tunggu sebentar sampai dia menguap dengan sendirinya. Tinggal lap lagi dengan lap microfiber yang kering. Hanya butuh satu semprot untuk membersihkan 1-2 lensa.

Lap microfiber yang sudah digunakan berulang kadang perlu dicuci juga. Jangan gunakan deterjen pencuci pakaian, tapi gunakan sabun/shampoo bayi yang lembut untuk mencuci lap microfiber ini. Lalu angin anginkan di area yang teduh dan tidak berdebu. Tenang, proses mencuci ini jarang kok, palingan juga 3-6 bulan sekali saja.

Filter

Untuk filter jenis bulat, misalnya UV, CPL dan ND maka cara membersihkannya mirip dengan membersihkan lensa. Jangan gunakan air untuk membersihkan jenis filter ini, apalagi untuk filter CPL dan Vari-ND, karena air bisa masuk diantara dua permukaan optik yang ditumpuk. Apabila ini terjadi maka akan sangat sulit membersihkannya tanpa membongkar filter tersebut. Gunakan cairan lens cleaner yang di semprotkan ke lap microfiber saja apabila ada noda membandel.

Untuk jenis filter GND kotak maka pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan air mengalir juga (walau cairan lens cleaner tetap lebih efektif). Jangan gunakan sabun, cukup alirkan air di permukaan filter GND ini lalu angin anginkan sedikit dan lap kering menggunakan lap microfiber.

Body Kamera / Lensa

Untuk body kamera / lensa kita bisa gunakan blower dan lap microfiber juga. Cairan lens cleaner juga bisa digunakan untuk area LCD kamera. Apabila masih ada noda keringat yang membandel (biasanya seperti kerak putih), maka kita bisa gunakan lap microfiber yang kita basahi dengan air lalu keringkan sampai lembab. Perlahan kita bisa bersihkan noda noda itu menggunakan lap lembab ini.

Tripod

Tripod adalah peralatan yang terpapar kotoran paling parah memang. Saran saya adalah sesegera mungkin membasuh tripod sepulang dari area pemotretan, terutama kalau barusan “nyelup” ke air laut. Panjangkan tripod, lalu bilas dengan air tawar. Air laut sangat jahat terhadap bagian tripod yang terbuat dari besi (biasanya pin pada kunci kaki kaki tripod dan juga mur-baut yang digunakan di tripod). Dalam sekejap bagian itu bisa berkarat. Kaki tripod sih umumnya aman karena terbuat dari alumunium / carbon fibre, tapi kalau bautnya berkarat? Tetap saja rentan.

Setelah di basuh dengan air tawar keringkan menggunakan lap penyerap seperti Chamois. Lalu angin anginkan tripod tersebut. Kita bisa juga mengeluar-masukkan kaki kaki nya untuk memaksa air di sela sela tripod keluar. Atau apabila kaki paling bawah bisa dilepas maka kita bisa melepasnya agar air yang terperangkap di tabung bisa keluar sempurna.

Untuk pencegahan kita juga bisa menggunakan minyak singer (biasa digunakan untuk pelumas mesin jahit) dan greased (“gemuk” bahasa indonesia nya) untuk area yang bergerak dan terbuat dari besi. Ini akan jadi semacam cairan pelapis terhadap air.

Selamat bebersih, yang pasti motret dengan peralatan yang bersih akan lebih menyenangkan bukan?


5 thoughts on “Bersih bersih setelah motret”

  1. untuk filter CPL dan ND, apakah memang aman kalau membersihkan dengan cairan+microfiber?takutnya akan merusak coating dari filter CPL dan ND tersebut.fyi, selama ini saya memakai lenspen untuk ke2 filter tersebut.
    Apakah kain microfiber sama dengan kain untuk membersihkan kacamata mas?mungkin ada link di toko marea? terima kasih.

    1. aman, asalkan microfiber nya bersih dari debu dan cairan yang digunakan adalah cairan pembersih yang benar
      Bisa cek di bhinneka.com dengan kata kunci Zeiss cleaner

Leave a Reply MY-ers ...