Berapa harga wajar alat fotografi bekas?

Jawaban atas pertanyaan diatas susah banget…sumpeh !!!

Sebenarnya jawabannya tergantung dari banyak hal seperti kondisi barang (ini aja bisa ngabisin 10 post sendiri kali bahasnya), garansi, riwayat penggunaan selama ini, kenal atau tidak dengan yang jual, sedang butuh uang atau tidak yang jual-nya, dll. So, ngapain nulis post ini ya? hahaha…hanya ingin share beberapa “rule of thumb” yang selama ini saya dapat waktu jual-beli.

Body Kamera

Yang satu ini harganya gampang jatuh, kenapa? karena elemen elektroniknya cepat aus, plus model baru cepet banget keluarnya. So rule of thumb-nya, kalau masih baru aja beli harganya sekitar 90% dari harga baru. Kalau sudah mau habis garansi maka harganya turun sampai 80%. Dan kalau garansi sudah habis maka harga bisa berkisar 50-70%, itu kalau gak terlalu tua ya. Kalau sudah tua banget sih harganya tinggal 20-40% kali ya.

Lensa

Nah kalau barang ini lebih awet. Maklum, elemen elektroniknya dikit dan juga produsen yang sama (misalnya Canon) kemungkinan kecil mengeluarkan lensa dengan spesifikasi yang mirip, kecuali dia sedang melakukan upgrade. Untuk lensa kalau masih baru jreng maka harganya bisa sekitar 90-95% (ingat ya ini semua dengan asumsi tidak ada jamur, goresan, dan teman teman sebangsatnya). Nah kalau sudah ampir abis garansi harganya bisa di 85-90%. Kalau sudah habis garansi maka tergantung dari kondisi dan umur harganya bisa sampai 70-85%. So, kalau pas kebetulan ketemu dengan lensa yang kondisi nya bagus dan harganya 75% sih hajar aja dah….

Buat saya sih belanja alat fotografi second tuh enak belanja lensa aja. Body beli baru. Kenapa? karena kalau lensa gak terlalu ngaruh garansi atau tidak. Ngeceknya relatif lebih gampang juga dibandingkan dengan body kamera (coba kalau body kamera mau cek shutter count nya berapa aja udah ribet). Plus lensa itu harganya stabil, kalau kita gak suka nanti dijual lagi pun harganya masih di kisaran kita beli, gak terlalu rugi.

So, belanja body kamera baru, trus mulai deh hunting lensa second…salah satunya di bursa. Happy hunting !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *