(AU) Tasmania, Launceston & Bay of Fire

Kebetulan baru seminggu di Ausie sudah long weekend (Queen’s BDay). Awalnya mau berangkat ke Melbourne, memanfaatkan long weekend nya. Tapi setelah dipikir lagi kayaknya area Melbourne bisa di cover di weekend biasa, so akhirnya memilih ke Tasmania.

Bay of Fire

Tasmania adalah pulau “kecil” di ujung bawah Australia. Kota kota nya tidak terlalu besar. Hobart adalah kota terbesarnya, tapi saya memilih untuk ke kota kedua terbesar, yaitu Launceston, yang ada di Utara Tasmania (Hobart ada di Selatan). Tasmania terkenal dengan alam nya dan pertanian – peternakannya. So tentunya landscape adalah tujuan utama saya.

Scottsdale
St helen

Biaya perjalanan kesana dari Sydney not bad. Saya naik budget airlines Jetstar untuk berangkat (AUD 128), dan pulang dengan Virgin Australia (transit Melbourne – lupa biayanya, tapi kurang lebih sama). Harga agak tinggi karena saya pesannya mepet.

Setelah mencoba nya saya rekomendasikan untuk naik Virgin saja, jarak antar kursi lebih lega, ada snack dan minuman, bagasi bisa naik plus bisa akses film via aplikasi di iPad pribadi.

Penginapan di Launceston saya gunakan ArtHouse Hostel – dormitory isi 6 orang (AUD 40an untuk 2 malam). Saya terbiasa menggunakan hostel selain lebih murah, juga lebih banyak kemungkinan ngobrol dengan traveller lain. Hostel yang ini lokasi cukup strategis, walau tidak di pusat kota, tapi tenang dan cozy. Bangunannya sendiri sudah tua, tapi kamar dan toilet dll relatif bersih dan nyaman.

Launceston

Sedangkan untuk transportasi mau tidak mau saya sewa mobil di sana. Saya pesan di Bargain Car Rental, Hyundai i20. Kapasitas sebenarnya 4 orang, tapi saya hanya pakai sendiri hahaha. Biaya total 3 hari tidaklah terlalu mahal, AUD 93. Akan tetapi bensin cukup mahal, untuk perjalanan saya sehari saya menghabiskan sekitar AUD 40 untuk bensin unleaded.

Oh ya, sewa GPS, sangat membantu dan worthed banget. Karena jadi gak boros batere HP (kalau berencana pakai offline map di hp), plus sinyal telepon tidak selalu baik, so real GPS akan sangat membantu navigasi.

Oh ya, SIM dibutuhkan untuk sewa mobil ini. Saya menggunakan SIM Internasional yang bisa dibuat dengan mudah di kepolisian di Jakarta. SIM Internasional sih intinya cuma terjemahan dari SIM biasa, tidak lebih tidak kurang.

————-

Ok, sekarang soal lokasi pemotretan. Tujuan utama saya sebenarnya ada 2 :

1. Bay of Fire (Binalong Bay) — tempat ini sekitar 2.5 jam perjalanan ke arah Timur dari Launceston. Pantainya sangat unik karena ada karang karang yang di tutupi lumut unik berwarna oranye.
  2. Dove Lake – Cradle  Mountain — yang ini 3 jam perjalanan ke arah Barat dari Launceston. Tapi dikarenakan ramalan cuaca menyatakan area Tasmania mendung dan hujan, saya putuskan untuk tidak mendaki karena potensi hujan akan sangat besar.

Tentunya ada banyak lokasi lain di Launceston yang bisa jadi area yang menarik. Tetapi Bay of Fire adalah highlight utama saya dalam perjalanan ini.

Saya mengawali perjalanan ke Bay of Fire dari hari pertama mendarat di Launceston. Hal ini selain mengejar sunset, saya ingin survei lokasi dan rute perjalanan dulu. Saya berangkat menggunakan jalur utara (non highway), via pegunungan dan kota Scottsdale. Sepanjang perjalanan saya disuguhi pemandangan indah peternakan sapi dan domba. Keren beud dah.

St Mary
Scottsdale
Launceston

Setelah mencapai St. Helen maka Binalong Bay atau Bay of Fire tidaklah jauh, sekitar 10 menit. Sebenarnya ide bagus untuk tinggal di St. Helen apabila memang hanya ingin mengejar pemotretan di Bay of Fire. Kota kecil, lebih kecil dari Launceston, tapi masih ok dan sangat dekat dengan lokasi pemotretan.

Area pantai yang ada karang oranye nya ternyata sangat sangat panjang. Mungkin ada 5km lebih, sebagian dengan mudah di capai dengan mobil (ada di pinggir jalan, parkir dan jalan 1-2 menit sudah sampai), ada pula yang lautnya lebih keras ombaknya membutuhkan jalan sekitar 5-15 menit di area trekking.

Tapi jelas dibandingkan infrastruktur di sebagian pantai di Indonesia ini jauh lebih nyaman, bersih dan aman. Relatif mudah malah kalau saya bandingkan dengan Sawarna atau Ujung Genteng. Ada tempat parkir yang nyaman, bangku duduk, toilet, restoran kecil, dll.

Pantai nya sebenarnya menghadap ke Selatan agak ke Timur, sehingga kita dapat sunset sedikit dan sunrise lebih banyak. So pada hari pertama saya masih mendapatkan langit senja yang lumayan, walau agak mendung.

Bay of Fire

Keesokan harinya saya melalui highway (via St. Mary) sehingga jalan tidaklah terlalu berkelok kelok. Saya harus berangkat jam 4.30 dari Launceston untuk mencapai area jam 6.30 – 7. Sunrise sendiri jam 7.30 an.

Tidak hujan, tidak pula terlalu dingin seperti yang saya khawatirkan. Tapi kendalanya anginnya 30 km/jam (rasanya sih lebih ya). So kalau saya berdiri di atas batu yang cukup tinggi rasanya sudah mau terjerembab ke depan atau terbang. Kencang banget. Dan tentunya saya khawatir dengan peralatan motret. So, triknya adalah saya coba cari area yang terlindung, entah di sela batu besar, atau juga di teluk yang tertutup. Di situ walau berangin tapi masih lebih mendingan.

Setelah pemotretan sunrise saya menghabiskan waktu dengan mengunjungi beberapa lokasi lain di Launceston, seperti misalnya Tamar Island. Sebenarnya ini sangat menarik. Sayang pencahayaan sangat flat karena mendung tebal.

Hari terakhir saya habiskan untuk mengunjungi “hutan kota” yang terletak sangat dekat dengan pusat kota, Cataract Gorge. Lokasi ini sangat rapi dan bagus, tetapi sekaligus masih sangat alami. Saya masih bisa mendapati daun daun musim gugur kuning dan merah. Selain itu saya bisa mendapati aliran sungai yang alami, jembatan gantung, kanguru dan burung merak. Keren dan sangat recommended untuk dikunjungi.

Cataract Gorge

Berikut beberapa foto lain terkait dengan kota Launceston dan juga perjalanan sekitarnya.

Saturday Market Launceston
St-Mary
St Helen
Tamar Island
Cataract Gorge
St Mary

3 thoughts on “(AU) Tasmania, Launceston & Bay of Fire”