(AU) Sydney Opera House, HDR Tips

Salah satu lokasi ikon kota Sydney adalah Opera House. Begitu melihat bangunan ini semua orang tahu bahwa ini adalah Australia, tepatnya Sydney.

Ada banyak lokasi untuk memotret ikon ini. Baik dari area Sydney Opera House sendiri, Killibilli, Luna Park, Cremorne, Botanical Garden, dll. Semuanya punya karakter pemotretan tersendiri, unik dan patut dicoba.

Sydney Opera HouseDari arah Cremorne Wharf - dengan lensa tele (twilight menjelang malam)
Harbour BridgeDari arah Luna Park - after Twilight sunset
SydneyDari arah Botanical Garden - sunset
Sydney Opera HouseDari arah Circular Quay - menuju Sydney Opera House (twilight pagi hari)

Kali ini saya akan membahas teknik pemotretan HDR yang digunakan untuk foto  di atas.

Untuk pemotretan ini saya paham bahwa penggunaan GND akan sulit karena bentuk bangunan. Bisa belang belang kalau pakai GND. Tapi tanpa filter ini juga sulit karena dynamic range nya cukup luas. Oleh sebab itu HDR adalah cara terbaik.

Untuk persiapan nya, saya memotret 4 foto dengan exposure berbeda. Tentunya tripod sangat dibutuhkan, tanpanya maka foto ini tidak akan serupa. Saya posisikan kamera di tripod, lalu saya gunakan manual focus untuk mengunci fokusnya + melakukan teknik hyperfocal.

Setelahnya saya gunakan aperture priority mode dengan ISO saya kunci di 200. Lalu saya ambil foto dengan EV mulai dari -1.667, terus naik dengan selisih sekitar 2/3 stop.

SXT19693SXT19692SXT19694SXT19695

Foto paling gelap akan digunakan untuk area langit dll yang pas dengan exposure segitu. Sedangkan foto terang akan digunakan untuk area bangunan misalnya. Semakin banyak foto diantaranya maka peralihan / gradasi / HDR akan makin halus.

Saya gunakan Photomatix sebagai software untuk menggabungkan ke empat foto ini. Tools ini cocok buat saya karena tidak rumit. Tetapi tentunya tools lain juga bisa digunanakan.

Yang penting dalam pembuatan HDR adalah memastikan bahwa preset / setting yang digunakan tidak “lebay” … yang saya maksud disini perhatikan agar se natural mungkin, tidak banyak “halo” di sekitar obyek. Atau terlalu saturated misalnya.

SXT19692_3_4_5_tonemapped

Setelah di proses di photomatix saya mendapatkan material awal dari foto. Yang perlu di lakukan selanjutnya adalah seperti foto biasa, dodging & burning di area area yang masih terlalu gelap atau terang. Tapi tidak hanya itu, foto HDR membutuhkan sedikit tambahan kontras. Saya gunakan S-Curve biasanya untuk membantu masalah kontras ini.

Setelah burning, dodging dan contrast adjustment kita bisa dapatkan foto yang lebih baik:

Sydney Opera House

Dengan teknik yang kurang lebih sama, saya juga memperoleh foto lain :

Sydney Opera House

Dapat dilihat bagaimana HDR membantu peningkatan dynamic range dari foto kita.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *