(AU) Mt. Wilson, Blue Mountain, Sydney

Di temani oleh Edward YD, salah satu motoyuk-ers Sydney, kita menjelajah area yang cukup jauh dari Sydney (kota). Kebetulan Edward tinggal di BlackTown, jadi saya naik kereta dulu ke BlackTown ini (via West route). Ganti kereta di Central, dan kurang lebih sejam kemudian saya sampai.

Central_DSC04219

Kemudian dilanjutkan dengan sekitar 45 menit perjalanan menggunakan mobil pribadi menuju Mt. Wilson, di area Blue Mountain. Berbeda dengan area Katoomba (dengan 3 sisters nya), area ini tidak dilalui kendaraan publik. Jalanan juga lebih sempit dan tidak semulus jalan biasa …. well walaupun kalau dibandingkan jalanan di Jakarta masih lebar (2 jalur) dan mulus (bergelombang, tapi tidak ada lubang).

Me & Edward in Mt Wilson Blue MountainFuji XT1 + XF 55-200, lensa tele digunakan untuk meminimalkan area langit (flat) yang masuk ke dalam frame, Velvia + Daylight WB

Tujuan utama kita menuju area ini adalah mencari daun daun mapple musim gugur terakhir. Maklum, sebenarnya sekarang sudah mulai masuk musim dingin (Juni-Agustus). Plus musim dingin agak awal datangnya tahun ini.

Terbukti memang waktu kita sampai pun sudah banyak sekali pohon mapple yang gugur daun nya. Sehingga kita perlu mencari cari beberapa lokasi yang masih daunnya bersisa. Untungnya Edward YD sangat familiar dengan lokasi ini karena sering digunakan olehnya untuk pemotretan client nya.

Ada satu lapangan kecil tempat camping dimana ada beberapa pohon mapple masih cukup lengkap daunnya (dekat dengan lokasi foto we-fie di atas). Di area ini lalu lalang orang datang dan memotret dirinya sendiri, so lumayan ada obyek hahaha

Autumn

Oleh karena kondisinya hanya sebagian pohon yang masih tersisa, maka lensa tele lebih cocok karena angle of view lebih terbatas. Itu sebabnya saya banyak menggunakan XF 55-200. Supaya pohon pohon lain tidak perlu masuk terlalu banyak di frame.

Autumn
AutumnAutumn

Tentunya detil daun adalah hal yang menarik untuk di eksplore. Salah satu trik adalah memastikan cahaya matahari memadahi (backlight even better, sehingga warna lebih keluar) untuk menyinari daun daun mapple tersebut.

Permainan DOF tentunya juga menarik kalau sudah memotret detil daun nya.

MappleMappleMapple

Selain Mt. Wilson sebenarnya ada beberapa area yang lain. Tetapi karena keterbatasan waktu saya akhirnya memilih area yang Edward YD cukup paham. Supaya tidak buang waktu mencari lokasi pemotretan yang bagus.

Terbukti langkah ini sangat tepat. Karena dengan begini pun saya hanya kebagian sedikit matahari. Lain kali seharusnya memang datang jauh lebih pagi, so waktu bisa lebih banyak untuk eksplore …. dengan model cantik tentunya, hahahaha


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *