(AU) Hornby Lighthouse, Watson bay, Sydney

Ini adalah salah satu tempat yang menarik di Sydney, komplit dengan pemandangan mercusuar nya, laut dan tebing yang indah, city view dan juga park. Lokasinya sendiri (Google map : -33.833315, 151.280584agak jauh dari pusat kota, tetapi masih terjangkau dengan mudah via kendaraan umum.

Hornby Lighthouse

Kita bisa naik ferry dari Circular Quay menuju Watson Bay. Setelahnya berjalan kaki melalui Cliff Street (sekitar 10-15 menit) dan masuk ke cagar alam di Camp Cove. Saran : bawa senter, karena begitu lewat sunset maka jalan di cagar alam ini gelap sekali.

Traveller

Tidak ada biaya masuk, biaya motret dan biaya preman lainnya. So murni hanya biaya transport menggunakan Ferry. Kalau mau murah ya pergi di hari minggu menggunakan OPAL Card. Karena untuk hari minggu maksimum charge adalah AUD 2.5. So mau sampai ujung dunia juga bayar maksimal segitu.

Pantai di Camp Cove sendiri cukup menarik untuk di eksplore. Juga dengan city view sepanjang perjalanan ke Hornby Lighthouse. Sayang saya tidak punya banyak waktu saat itu, sehingga langsung menuju area mercusuar.

Mercusuar nya sendiri sangat menarik dengan warna merah putih nya. Eye Catching.

Angle pemotretan bisa dilakukan persis di area bawah mercusuar, tetapi agak statis dan kurang menarik. Lebih menarik adalah dari tebing tidak jauh dari mercusuar itu (sekitar 20-30 meter). Tetapi kita perlu ekstra hati hati karena tebingnya sangat curam dan tidak memiliki pagar pembatas.

Traveller

Waktu pemotretan bisa sunset (seperti foto di bawah) atau sunrise (belum ada sample fotonya). Keuntungan sunset adalah warna langit yang lebih nendang sebagai background. Keuntungan sunrise adalah tebing yang lebih ter-exposed cahaya. Saya pribadi lebih suka sunset karena lebih alami, tetapi juga indah warnanya.

Hornby Lighthouse

Peralatan pemotretan : tripod sudah pasti. Saya juga menggunakan GND Reverse di saat mendekati sunset. Tentunya saya harus melakukan dodging di area mercusuarnya, karena ikut menjadi gelap. Selain itu saya membutuhkan lensa dengan range medium, 10-24mm saya gunakan di 24mm (crop factor 1.5x). Paling enak berdasarkan pengalaman sih 18-55mm (crop factor 1.5x).

So, lain kali ke Sydney, jangan cuma motret Sydney Opera House. Mungkin bisa disempatkan juga mampir ke lokasi ini.

2 thoughts on “(AU) Hornby Lighthouse, Watson bay, Sydney”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.