(AU) Cremorne Wharf, Sydney

Salah satu lokasi untuk memotret pemandangan kota Sydney yang tidak banyak orang tahu terletak hanya sekitar 15 menit perjalanan menggunakan Ferry dari Circular Quay. Lokasinya ada di dekat dermaga Cremorne (Google Map Coordinate : -33.847853, 151.230895).

Cremorne - Burning SunsetDari Circular Quay kita bisa ambil ferry di dermaga 6, menuju Cremorne. Kendalanya cuma ferry ini agak jarang, satu jam sekali. So hati hati dalam merencanakan perjalanan. Lebih baik berangkat lebih awal daripada telat. Ada 2 lokasi pemotretan, satu ada di sebelah kanan begitu kita keluar dari dermaga (Google Map Coordinate : -33.848655, 151.232875). Kendala dengan lokasi ini adalah terhalang dengan beberapa batang pohon dan juga agak sulit memotret di tebing nya. Bonus nya : Ada mercusuar kecil yang bisa jadi obyek menarik. Lokasi kedua lebih mudah dan nyaman, di sebelah halte bis. (Google Map Coordinate : -33.847172, 151.230187). Yang ini sih nyaman dan mudah. Sydney view

Untuk pemotretan saya sarankan menggunakan 2 lensa : range 18-55mm (dengan crop factor 1.5x) dan ditambah dengan range 55-200mm (crop factor 1.5x). Ini untuk memperoleh keseluruhan view, sekaligus detil city scape nya.

Pemotretan dengan lensa wide bisa di kombinasikan dengan ND filter untuk memperoleh efek halus pada permukaan air laut ataupun awan.

Pada kasus foto di bawah ini saya tidak memperoleh efek yang sama di area awan karena saat itu angin bergerak relatif sangat lambat. Sehingga awan juga bergerak hanya sedikit.

Cremorne - City ViewSedangkan penggunaan lensa tele mampu menjangkau detil pada bangunan bangunan yang ada. Tentunya salah satu yang sangat menarik adalah icon dari Sydney — The Opera House. Sydney Opera House

Tripod dan GND? Tentunya dibutuhkan … jangan lupa, kalau memotret di musim dingin (dimana bonus nya adalah langit sangat cerah dan bersih), jaket, sarung tangan dan kupluk adalah wajib …. mendekati malam bisa sangat sangat dingin. Kita tidak ingin pulang lebih awal dan terlewat twilight hanya karena kedinginan bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *