(AU) CooGee Beach, Sydney

Lokasi ini relatif sangat dekat dengan apartemen tempat saya tinggal di sub-urb Mascot (sub-urb itu kayak kabupaten / kecamatan lah). Tapi karena ini merupakan pantai wisata (mirip kuta) dengan pasir putih yang panjang, tanpa karang, jadi buat saya fotografer agak kurang menarik. Kebetulan pagi itu agak ramalan cuaca agak mendung, jadi saya pikir ya lumayan lah, daripada jauh jauh dan gak dapat sunrise.

Coogee BeachLokasi ini ada di ujung pantai CooGee. Ini adalah kolam renang alami, biasa di sebut Rock Pool. Dimana air laut menjadi sumber airnya.

Saya sempat muter muter cari obyek yang menarik, tapi tampaknya tidak terlalu banyak memang. Akhirnya saya putuskan untuk ke obyek sejuta umat pantai ini : CooGee Rock Pool.

Lokasinya mudah dicari dengan google map. Tinggal cari : “CooGee Surf Lifesaving Club” … rock pool nya ada tepat di depannya.

Dalam cuaca dingin seperti winter ini untungnya adalah tidak banyak orang berenang di sini, walau tetap ada saja yang cukup “gila” berenang di suhu sekitar 9-13 derajat celcius. Well, ini air laut, so jangan tanya ada pemanas nya gak *LOL

Ombak hari itu tidak terlalu tinggi, sehingga aliran air di pinggir kolam tidaklah terlalu rata. Entah berapa banyak foto saya ambil dengan menggunakan tripod untuk memastikan memperoleh detilnya. Tapi karena arah dan besar ombak berubah ubah terus, sulit sekali mendapatkannya dalam satu frame.

SXT10252SXT10246SXT10267

Seperti di lihat di foto di atas (yang tengah agak berbeda orientasi kamera nya) bahwa flow nya berubah ubah. Yang terakhir relatif cukup bagus, tetapi bagian permukaan kolamnya kurang mulus, agak berombak.

So saya putuskan untuk menggabungkan beberapa foto dan menggunakan layer masking untuk mengambil area yang paling bagus. Misalnya detil aliran airnya dari satu foto, lalu area di permukaan kolam yang mulus dari foto yang lain. Setelahnya barulah saya lakukan normal basic post processing.

Post processing yang saya lakukan cenderung sama, yaitu melakukan dodging (kebanyakan di area foreground) dan burning (kebanyakan di area langit / awan). Menambahkan sedikit kontras dan juga vibrance (agar warna lebih nendang). Saya juga tambahkan photo filter warm di area sky horizon, supaya lebih kuat dynamic range color nya.

Hasil akhirnya adalah foto dengan komponen komponen slow shutter yang saya inginkan, plus better dynamic range tentunya :

Coogee Beach


One thought on “(AU) CooGee Beach, Sydney”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *