(AU) Central Coast, New South Wales

Lokasi perjalanan kali ini cukup jauh dari Sydney kota. Butuh sekitar 2 jam lebih untuk mencapai lokasinya. Tapi area nya menarik dan juga banyak alternatif lokasi baru. Pada kesempatan ini saya mengunjungi 4 lokasi, hanya saja memang tidak semuanya optimum karena kondisi hujan angin.

Putty Beach

Lokasi pantai ini cukup jauh dan tersembunyi. Akan tetapi kita bisa menemukan karang yang unik disini (foreground). Sunrise sendiri tidaklah perfect karena tersembunyi sedikit oleh bukit.

Kita bisa parkir di lapangan parkir yang ada di dekat pantai (-33.528093, 151.373546). Dari situ kita tinggal jalan ke arah Bouddi Coastal Walk (-33.530704, 151.377623). Mudah dan juga sangat dekat.

Putty Beach

Pada pagi itu saya mengalami issue yang cukup sulit. Angin kencang. Tidak sekedar angin kencang, tetapi angin basah. Alias kalau dibiarkan sebentar saja bagian depan lensa akan basah dengan percikan percikan air. Untuk yang satu ini kita harus sabar dan gerak cepat. Dan penggunaan filter sangat membantu menjaga kebersihan lensa.

Sabar untuk senantiasa mengelap bagian depan filter dengan kain yang bersih. Sabar untuk mengecek apakah sudah cukup bersih. Karena kalau tidak maka foto akan sangat sangat soft.

Filter Comparison

Sementara gerak cepat karena kalau setting kelamaan maka filter akan kembali basah kuyup. Percikan airnya tidak membantu ketajaman maksimal yang ingin dihasilkan dari foto landscape. Plus harus repot melakukan post processing nantinya.

Coba gunakan live view untuk melihat mana foreground yang menarik. Dengan lensa ultra wide kadang sulit untuk kita membayangkan apakah suatu foreground bakal menarik atau tidak.

 

Air Terjun Somersby

Tidak begitu jauh dari Putty Beach (30 menit naik mobil) kita akan mendapati area air terjun yang sangat menarik, yaitu Somersby Waterfall (-33.401313, 151.270256). Yang lebih menarik adalah air terjun berundak ini selain bagus, juga sangat mudah di jangkau. Anak tangga yang kokoh sudah tersedia untuk menuju lokasi.

Cuaca siang itu kebetulan agak mendung, cocok untuk pemotretan jenis ini. Pada hari yang sangat terik maka kecenderungan untuk balancing exposure menjadi sangat menantang. Seringkali kita dengan mudah menemui over-exposure pada area air (yang reflektif).

Karena besarnya air terjun ini maka kadang agak sulit untuk mendapatkan komposisi yang pas. Oleh sebab itu coba gunakan berbagai jenis lensa dan pindah lokasi. Jangan malas. Bergerak lah !!!!

Somersby Waterfall

Saya sendiri menggunakan 3 lensa di lokasi ini. Mulai dari XF 10-24 (ultra wide angle), XF 18-55 (medium lens) dan XF 55-200 (tele lens). Ketiganya memberikan perspektif yang berbeda beda.

Lensa wide mengecilkan si air terjun, tetapi memberikan efek ruangan. Kendala utama biasa di mengendalikan bocor (obyek yang tidak diinginkan masuk frame) di langit atau permukaan air.

Lensa tele memberikan perspektif yang lebih sempit, sehingga komposisi menjadi lebih mudah dan sederhana. Sedangkan lensa medium memberikan balance di antara keduanya. Ketiganya memiliki rasa yang berbeda. Eksplorasi, gunakan lensa yang ada.

Filter ND tidaklah dibutuhkan dalam kondisi cahaya yang agak redup seperti pemotretan kemarin. Plus kombinasi air nya yang lumayan kencang. Memadahi untuk medapatkan slow shutter dengan bukaan sempit saja.

 

Long Jetty

Saya tidak memotret banyak disini, karena kebetulan pas sampai sana matahari terik sekali (tengah hari). So agak tidak sesuai dengan selera. Akan tetapi karena kita menghadap ke arah barat, sebenarnya lokasi ini sangat menarik untuk menangkap pemandangan sunset. Sangat potensial.

Long Jetty

Walau tentunya dengan kondisi yang ada, minim foreground, maka akan sangat mengandalkan sunset yang luar biasa bagus.

Lokasinya tidak jauh dari mana mana, mudah dicapai, ada parkiran yang mudah pula. Silahkan kunjungi Google Map dengan koordinat : -33.357882, 151.482542

 

Norah Head Lighthouse

Yang ini sebenarnya sangat sangat potensial. Lokasi yang menarik, banyak obyek, termasuk pantai yang juga menarik. Akan tetapi kendalanya pas saya disana adalah : HUJAN !!!! hahaha

Walau hanya gerimis, saya malas bebersih jaket, celana lapangan, sepatu, tas kamera, filter, dll …. so akhirnya berakhir dengan batal motret disini.

Apabila kondisi bagus maka pemotretan bisa dilakukan di pantai (turun dari sebelah mercusuar), dan kita bisa dapatkan foreground mercusuar dengan background sunset. Menarik. Lokasinya sendiri bisa dikunjungi di koordinat : -33.281881, 151.574912


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *