Another Sunset @ Kota Wisata

Cuaca siang yang super panas, diikuti dengan awan putih + langit biru adalah prediksi sunset yang bagus. Itu yang terjadi siang ini … saking panasnya sampai malas buat keluar rumah, meleleh badan rasanya. Tapi sejak siang pula saya sudah mengincar pemotretan buat sore ini. Sayang karena ada kesibukan jadinya tidak bisa jauh dari rumah untuk mencari foreground yang bagus, jadi hanya motret sunset di dekat rumah.

Tapi tak apa, seperti di artikel “Weekend Photography” saya bisa juga motret just for the sake of fun. Hasilnya mungkin bukan yang outstanding gimana, tapi buat hobby asalkan hati senang is more than enough koq.

Semua foto diambil menggunakan Canon 5d Mark II dan Carl Zeiss 18mm Distagon. Tentunya dengan menggunakan tripod karena sudah terlalu sore dan cahaya juga minim. Shutter speed drop sampai di bawah 1 detik untuk ISO kisaran 100-800 yang saya gunakan.

Saya gunakan daylight white balance untuk memastikan warna biru twilight masih bisa tertangkap dengan baik. Sedangkan picture style kali ini saya gunakan Standard 9040 – karena Faithfull yang saya biasa gunakan rasanya kurang dramatis untuk skenario ini. Kurang nendang saturasi dan kontrasnya.

Post processing yang digunakan berbeda-beda. Ada yang sekedar menguatkan saturasi & sedikit S-Curve saja. Tapi ada juga, seperti foto yang pertama, yang menggunakan layer masking di Adobe Photoshop. Ini saya gunakan untuk menguatkan kontras antara siluet dan background. Kalau hanya level biasa tidak bisa karena saat saya buat siluetnya hitam pekat, maka background terlalu gelap. Sebaliknya jika saya terangkan background maka siluetnya (saya tuh yang pose) akan tidak pitch black.

Yang foto dengan menggunakan foreground ilalang ini agak tricky. Karena kalau speed terlalu lambat maka angin akan menggoyang ilalang sehingga fotonya tidak lagi tajam. Jadi speednya harus cukup dan beberapa kali take untuk memastikan “hoki” kita angin tidak bertiup (saya butuh 6 kali take). Saya gunakan aperture lebih lebar – kisaran f5.6 – dan ISO agak tinggi, di 800, untuk mendapatkan speed 1 second.

Have fun motret … yang penting hati senang ya kan?


Leave a Reply MY-ers ...