A Bugs Life Series

Saat pemotretan di Bogor Nirwana Residence weekend lalu, saya bertemu dengan Aldyanza Yusuf yang memberikan ide mengenai pemotretan serangga di atas persemaian padi yang baru saja tumbuh. Hijau nya pucuk padi dan embun yang masih bertengger di ujung ujung nya sangat indah. Membuat saya ingin bikin photo series yang bertema kan wallpaper …

Bugs Life Series

Sayang karena sudah keburu dehidrasi mencari robber fly .. akhirnya cuma betah bikin 2 foto serangga dan 1 foto tambahan.

Foto pertama adalah dengan serangga lady bug atau kepik.

Life-of-a-Lady-Bug_IMG_7985-web

Semua foto dibuat dengan menggunakan Canon 5d Mark II plus Sigma 180mm f3.5 – Yang foto lady bug ini dibuat dengan aperture f7.1. Foto pertama ini saya jadikan basis untuk tonal adjustment foto yang lainnya, supaya mendekati tonalnya.

Foto diatas dibuat dengan white balance daylight. Sedangkan untuk hijau nya saya pump lebih lanjut dengan menggunakan vibrance dan saturation di photoshop. Sengaja saya pilih exposure agak sedikit over, agar lebih segar rasanya.

a-Life-of-Worm_IMG_7997-web

Untuk foto kedua saya menggunakan custom white balance di Canon DPP. Tujuannya sebenarnya mendekati ke tonal foto pertama – maklum pencahayaan sudah berubah dan ini bukan studio yang cahaya nya konstan. Yah, mendekati lah ya, walau tidak sepenuhnya sama

Untuk font saya gunakan jenis font “A bugs life” yang tersedia free di internet.

Sedangkan untuk foto ketiga karena sudah kehabisan serangga dan juga dehidrasi dan buru2 mau pulang saya ambil bunga liar yang jadi bagian kehidupan dari serangga juga sebagai obyek.

a-Life-of-Wild-Flower_IMG_7997-web

Untuk memberikan “warna” yang berbeda, saya mainkan sedikit typography dengan memberi warna berbeda pada kata “Bugs” … disesuaikan dengan tonal warna obyek utamanya.

Untuk memastikan posisi dan ukuran font yang sama, saya gunakan layer pada photoshop, lalu melakukan copy layer setiap kali pada foto yang baru. Dengan demikian memastikan ukuran dan posisinya pas sama.

Untuk foto terakhir saya sempat mencoba coba beberapa aperture untuk mengatur DOF yang saya inginkan. Akhirnya saya settle dengan aperture f5 … dimana blur masih dapat, tetapi juga tidak terlalu halus buat BG nya, masih ada pattern.

motoyuk signature white

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *